Informasi Seputar Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012

Pada akhir Juli 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar uji ulang bagi guru yang sudah bersertifikat atau lulus sertifikasi. Selain untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan guru pascasertifikasi, adanya uji ulang ini juga untuk membangun kesadaran guru agar selalu meningkatkan diri.

Berikut Informasi Seputar Uji Kompetensi Guru:

Tujuan UKG

  1. Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan;
  2. Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.

Peserta UKG
Peserta UKG adalah seluruh guru baik yang memiliki sertifikat pendidik maupun yang belum memiliki sertifikat pendidik. Jumlah total pesertaUKG untuk guru bersertifikat pendidik 1.006.211 orang, dan guru belum bersertifikat pendidik 1.015.087 orang.

Persyaratan Peserta
Peserta UKG pada prinsipnya adalah semua guru PNS dan bukan PNS yang mengajar di sekolah negeri dan swasta yang memenuhi
persyaratan sebagai berikut:
a. Bagi guru bersertifikat pendidik
1) memiliki sertifikat pendidik (tahun 2007-2011),
2) pada tahun 2012 belum memasuki masa pensiun, dan
3) masih aktif menjadi guru.

b. Bagi guru belum bersertifikat pendidik
1) Guru PNS atau guru tetap yayasan (GTY)
2) Memiliki NUPTK

Teknis Pelaksanaan UKG
Uji kompetensi guru pada tahun 2012 akan dilaksanakan dengan 2 (dua) cara yaitu:

  1. Sistem online
  2. Sistem manual (paper pencil test)

Pelaksanaan UKG diarahkan menggunakan sistem online. Bagi kabupaten/kota yang tidak memiliki perangkat yang memenuhi persyaratan sistem online, maka akan dilakukan dengan sistem manual.

Waktu pelaksanaan UKG
Pelaksanaan UKG untuk guru bersertifikat pendidik secarabertahap dimulai pada bulan Juli 2012 sampai dengan bulan September 2012. Sedangkan untuk guru yang belum bersertifikat pendidik akan dimulai pada tahun 2013.

Jadwal Umum UKG 2012

  • Ujian Online : 30 Juli – 12 Agustus 2012
  • Ujian Manual (Paper Pencil Test): 4 September 2012

Tempat UKG
Uji kompetensi guru akan dilaksanakan di tempat uji kompetensi guru yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan persyaratan dan telah diverifikasi oleh LPMP; Pelaksanaannya dipusatkan per kecamatan di suatu sekolah yang memenuhi persyaratan.

Tata Cara Mengikuti Ujian

  • Peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya;
  • Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis;
  • Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta sertifikasi guru dan NUPTK;
  • Peserta melakukan pengisian dan perbaikan data individu sebagaima data yang tertera pada layar monitor;
  • Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit;
  • Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan;

Untuk informasi selengkapnya mengenai Uji Kompetensi Guru dapat mengunjungi website http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru/  atau  http://ukg.kemdikbud.go.id/

=============
Unduh dokumen:

Buku Pedoman Uji Kompetensi Guru 2012
Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru 2012

About these ads

About m. surahman

Hanya orang biasa yang tinggal di Majalengka

Posted on July 17, 2012, in Berita Pendidikan, Edukasi, informasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 34 Comments.

  1. guru ada yg udah lulus ukg,ada yang blom,tp ada yang blm ukag sama sekali.tindak lanjutnya mana…………….?omong kosong……….yang udah lulus reward apa?hilang gitu aja

  2. Program UGK ini dilaksanakan, karena menteri pendidikan berserta jajaranya kebingungan mengurus dana pendidikan 20% dr APBN, Shg mereka membuat program yang tampak sekilas bagi orang gak mengerti adalah program yang “Wao,Wao,Wao”, Luar biasa. Apalagi program ini bersembunyi di balik sebuah tema ” Meningkatkan kompetensi guru” atau meningkatkan profesionalitas guru”.

    Yang menjadi dasar program ini, bkn masalah kualitas guru, atau kualitas pendidikan tapi,bagaimana caranya agar anggaran tsb bs sempurna habis dibagi2.

    Apakah itu guru profesional? silahkan para professor, buka kitabnya kembali. Apa variabel2 yang paling menentukan untuk menjadi guru professional, sehingga mendapat hasil yg profesional jg.

    Untuk saat ini variable yang paling sering diributkan,dan sering membuat guru2 kebingungan mencari jam tambahan mengajar adalah guru dikatan profesional jika jumlah jam mengajar mencapai 24 jam, masalah hasil, no problem. Kalo tidak mengajar 24 jam maka tdk berhak mendapat tunjangan. Artinya guru tersebut belum profesional.

    Padahal para guru tersebut telah lulus uji,bahkan ada yg dapat predikat excellent,ditambah lagi dgn biaya pelaksanaan pelatihan menghabiskan dana tdk kurang dari 8 Miliar setiap thn per provinsi……… WAOOOOOOO…..WAOOOOOO….WAOOOOO

  3. untuk apa fungsinya Uji kompetensi awal, PLPG, kalo masih uji lagi-uji lagi…pusying

  4. Ya, orangtuaku juga masih dalam proses untuk mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012

  5. yo, betul pk Broto. Q ja yg di Pandeglang pelosok Sukwan ny 9 orang PNS nya 1orang. gimana ya sertifikasi ?

    • If you appreciate the teachers who do not have a degree, or a part time teachers who can cope with their students to succeed, it is clear that the teacher has the ability, and that’s what heroes teachers without teacher like you meribukan jasa.bukan rights and title affixed to a mock

  6. sabar, sabar… generasi penerus ini mau dijadikan orang apa ya.. sekolah mahal, guru diubeg-ubeg gara-gara sertifikasi yang ujungnya menambah beban kerja tambah berat..kapan mengajarnya…kapan bisa konsen ke anak didik, belum lagi sistem pendidikan yang dijadikan kelinci percobaan. Pendidikan dulu sekalipun tidak secanggih saat ini tapi kok ya banyak mencetak orang bijak dan wibawa. Jgn gurunya yang disalahkan… sosial ekonomi rakyat yang diperhatikan.

  7. ukg ……..kelas kosong…..sekolah melompong……….sabar ya orang tua siswa

  8. Apakah ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru…….? atau ……kita sebagai guru…. hanya sebagai obyek untuk proyek mereka……? Ingat pada guru dan anak didik yang di pelosok………dimana keadilannya…….Wallahu alam bi sawab…..

  9. GURU “Powerfull” Guru Masa Depan. BISA !

    • M.M.Pd apa!!! gelar bapak,, emangnya benar udah sesuai dengan kemampuan sodara ,, apa buktinya bung !! , bukan ijazah atau gelar yang di tampilkan tapi bukti anak dididik yang berhasil dengan dididkan sodara,, ingat bung ijazah bisa di manupulasi.. tapi kemampuan sodara gak bisa dibohongi ,dengan apa yang didik pada murid gak ada arti, karena kura kura itu bulat bung..

  10. soal-soalnya apa nggak ada

  11. yuliana podugge

    thank’s atas bantuanx…. ini semua dapat membantu sy dalam mengikuti UKG On Line….

  12. saya guru umum di kemenag prov. Jambi, smpai skrg saya blm dpt info mengenai UKG. Jadi saya minta tolong informasinya mengenai daftar nama-nama guru yang ikut UKG dikemenag prop.jambi. Terima kasih sebelumnya.

  13. alah yang menjadi guru itu harus mampu bukan punya gelar tetapi kemampuan mendidik dan melatih mengajarkan kepada anak untuk bekal di kemudian hari. karena gelar itu dapat dibeli dan dimanipulasi ,coba tolong kepada semua puhak yang mengurus guru supaya di rubah peraturannya jangan hanya dilihat mempunyai Gelar. tolong sekali lihat Guru itu punya kemammpuan atau tidak,

    • alah yang menjadi guru itu harus mampu bukan punya gelar tetapi kemampuan mendidik dan melatih mengajarkan kepada anak untuk bekal di kemudian hari. karena gelar itu dapat dibeli dan dimanipulasi ,coba tolong kepada semua pihak yang mengurus guru supaya di rubah peraturannya jangan hanya dilihat mempunyai Gelar. tolong sekali lihat Guru itu punya kemammpuan atau tidak.coba mengerti ,terimakasih.

    • alah yang menjadi guru itu harus mampu bukan punya gelar tetapi kemampuan mendidik dan melatih mengajarkan kepada anak untuk bekal di kemudian hari. karena gelar itu dapat dibeli dan dimanipulasi ,coba tolong kepada semua pihak yang mengurus guru supaya di rubah peraturannya jangan hanya dilihat mempunyai Gelar. tolong sekali lihat Guru itu punya kemammpuan atau tidak

  14. clonoa gilang ramadhan

    wah ga nemu nih, download kisi-kisi sesuai dgn Mata pelajarannya, ditambah lg web resmi untuk mendownloadnya agak sulit diakses ckckckck

    mohon pencerahannya

  15. Benny Prajoko Widodo Tatang

    Penyebab guru-guru jadi stres dengan beban & tanggung jawab yang sudah ada. Setelah itu hak belajar siswa jadi berkurang…

  16. Benny Prajoko Widodo Tatang

    Walaaaaah jepit biting wae isih impor… sok-sok gaya online…. Mikir2 dulu kalo buat kebijakan. Paling2 sing diiencer yo uang saku rapat peluncuran UKG Online… Telo….

  17. tak semua guru di wilayah ngerti info ini.
    trims informasi ini.

  18. Sangat berharga info ini

    • Aku setuju dengan pendapat sdr Beny Parjoko..Sdr.Dimas Sepertinya anda Guru muda anda lebih beruntung karena saat anda lahir pada jaman Komputer…kalau anda gak bisa menguasai thnlgi kmputer anda termasuk Guru yg bodoh…tetapi anda harus inget sama guru-gurumu SD..yg mengenalkanmu ABCD…..mereka sekolah aj ha nya dengan jalan kaki puluhan KM tanpa alas kaki…tp mereka punya prestasi nyata yg termasyk mengantarkan M.Nuh jadi Mentri…termasuk anda Sdr Dimas…

      • SErtifikasi Guru….”Setengah Hati” Ajang Iri” Ajang Korupsi” Ajang mencari Anggaran “bagi Pejabat Tinggi……Sertifikasi sebetulnya bukan merupakan hanya peningkatan Profesionalisme Guru..tetapi.lebih pada Suatu penghargaan terhadap..pengabdian Guru…Ketika seorang Guru…tetapi ketika guru menerima tunjangan sertifikasi….ada saja hal2 yg membuat repot …mulai Bank yg selalu ganti2 pemotongan jimlah,,keterlambatan ..kini malah UKG….Sudah berpuluh2 tahun baru di adakan Uji kpmpetensi. seharusnya Kemendiknas konsentrasi pada Mahalnya Biaya
        pendidikan

  1. Pingback: Setelah UKG, Guru Bersertifikasi Akan diukur Kinerjanya « mun's site

  2. Pingback: Informasi Seputar Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012 « MA'HAD KHAIRUL BARIYYAH

  3. Pingback: Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012 | SMP NEGERI 3 MALANGBONG

  4. Pingback: [Download] Pedoman, Kisi-Kisi dan Tutorial UKG 2012 « mun's site

  5. Pingback: Uji Kompetensi Guru | Belajar Mengajar

  6. Pingback: Latihan Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online « mun's site

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 33 other followers

%d bloggers like this: